4/01/2018

SINOPSIS Misty Episode 13 PART 1

Advertisement
Advertisement
SINOPSIS Misty Episode 13 BAGIAN 1


Penulis Sinopsis: Erika
All images credit and content copyright: jTBC
Supported by: oppasinopsis.com

EPISODE SEBELUMNYA || SINOPSIS Misty Episode 12 Part 4
EPISODE SELANJUTNYA || SINOPSIS Misty Episode 13 Part 2

Jaksa Byun menghadirkan saksinya yaitu Oh Min Cheol yang menyatakan pada dini hari itu dia melihat seorang pria yang membunuh Kevin Lee. Pernyataannya jelas mengejutkan karena tidak sesuai dengan tuduhan pada Hye Ran.


“Saya biasanya bangun pagi sekali. Hari itu, tidak biasanya saya bangun lebih pagi. Jadi, saya berpikir untuk memeriksa vinil rumah kaca karena saat itu bersalju. Saat saya mau keluar... Saya mendengar orang bertengkar di dekat lokasi konstruksi. Mereka tampak bertengkar, tapi tiba-tiba pria itu menghantamkan kepala Kevin Lee ke tembok.”
Dari gerbang lokasi konstruksi Oh Min Cheol melihat dua orang berkelahi, pria yang dikenalnya sebagai Kevin Lee tergeletak tidak bergerak setelah seorang pria membenturkan kepalanya.


Jaksa Byun bertanya padanya apa yang terjadi setelah Kevin Lee tidak sadarkan diri. Pria yang tidak sadarkan diri itu diletakkan di jok belakang mobil. Dan ada satu orang lagi di lokasi itu, Oh Min Cehol mengaku melihat Go Hye Ran di dalam mobil.


Jaksa Byun dan Oh Min Cheol memandang Hye Ran dengan wajah licik yang menunjukkan kemenangan. Sedangkan Tae Wook seperti sedang menelaah pernyataan saksi, dia tampak tidak mempercayai ucapannya.


Pak Jang memanggil Lee Yeon Jung ke ruangannya, dia membicarakan Hye Ran yang posisinya terpojok karena ada saksi di persidangan. Lee Yeon Jung pun setuju dengan ucapan Pak Jang. Tapi Pak Jang mengatakan kalau dia mendengar desas desus kalau dia adalah saksi palsu, dia pikir Lee Yeon Jung mengetahui sesuatu tentang hal itu dari Jaksa Byun.
“Suamiku tidak bodoh. Dia tidak mungkin kalah dan kasus ini justru merugikan. Untuk apa dia melakukan hal sebodoh itu?”
Pak Jang sependapat dengan Lee Yeon Jung, tapi menurutnya tapi Hye Ran tampaknya akan fokus pada saksi itu. Lee Yeon Jung menambahkan kalau apa pun yang orang katakan, tugasnya adalah membawakan berita. Karena itu dia dan suaminya selalu berpegang pada prinsip.
“Tapi isu lebih penting daripada fakta. Jika Hye Ran sukses menciptakan isu dan menyembunyikan fakta, warga cenderung percaya isu dan itu yang akan mereka lakukan. Seperti kamu tahu, kejaksaan telah kehilangan dukungan warga.”
“Anda ingin aku bagaimana, Pak?”
“Tunggu sebentar. Aku yakin kamu sudah mendengar bahwa ruang berita sedang menyiapkan laporan investigasi 70 menit, bukan?”


Pak Jang lalu memberikan sebuah dokumen berjudul “Go Hye Ran, dari pewarta terbaik di Korea jatuh menjadi pembunuh” pada Lee Yeon Jung. Dia ingin mendapat semua detail tentang kasus ini yang tidak diungkapkan ke publik dari Jaksa Byun.
“Coba kumpulkan yang kamu tahu, dan coba buat sesuatu dari itu.”
“Anda sungguh ingin menghancurkan Hye Ran seperti ini?”
“Jujur, aku sudah memberi Hye Ran kesempatan sebanyak yang kubisa. Aku juga sudah sabar menunggu. Karena kini ada saksi, aku tidak bisa apa-apa lagi. Selain itu, aku tidak suka dia melawanku belakangan ini. Kurasa ini sudah saatnya aku bertindak. Siapa tahu? Kesempatan ini bisa membuatmu tampil kembali.”


Han Ji Won memberi tahu Kwak Ki Suk kalau dia merasa aneh dengan persidangan tadi. Penahanan Hye Ran yang tanpa surat perintah lalu diikuti saksi yang tiba-tiba muncul setelah kematian Kevin Lee dua bulan lalu. Dan secara kebetulan saksinya adalah mantan kepala sekolah SMA Daewoon. Han Ji Won mengetahui tentang penerimaan ilegal di Yayasan Sekolah Swasta dan SMA Daewoon terlibat, dan Hye Ran yang memberitakan hal itu. Han Ji Won merasa curiga dengan smeua hal ini.


Kwak Ki Suk menelepon Pak Jang untuk membicarakan kecurigaan Han Ji Won. Ternyata reaksi Pak Jang tidak sesuai yang diharapkan. Pak Jang memerintahkan Kwak Ki Suk dan Han Ji Won untuk diam dan tidak memberitahu siapa pun apa yang mereka ketahui.


Detektif Kang mendapat laporan dari juniornya kalau ternyata Ha Myung Woo bebas dari penjara setelah Kevin tewas, artinya pelakunya bukan dia. Detektif Junior sudah memeriksa jalur pembunuh bayaran, dan tidak menemukan bukti yang mendukung. Selain itu tidak ada mobil yang terekam kamera setelah insiden itu.
“Kamu sudah memeriksa semua bus dan taksi yang berhenti di dekatnya?”
“Aku sudah menyelidiki bus-bus, tapi hasilnya nihil.”
“Karena saat itu tersangka utama kita adalah Go Hye Ran. Cari tahu lagi apakah ada pria.”


Kang Tae Wook memanggil Detektif Kang sebagai saksi karena dia lah yang menunjuk Go Hye Ran sebagai tersangka utama pembunuhan Kevin Lee. Tae Wook bertanya kenapa sejak awal Detektif Kang menyatakan Kevin Lee tewas karena dibunuh, sedangkan  menurut hasil autopsi, kemungkinan 50 persen itu disebabkan kecelakaan sementara 50 persen lagi menunjukkan kemungkinan pembunuhan.  Detektif Kang mengatakan di hari insiden itu terjadi, Go Hye Ran adalah orang terakhir yang bertemu korban. Selain itu, polisi menemukan bros Go Hye Ran di mobil korban di hari itu. Tae Wook menyanggahnya dengan mengatakan bros yang ditemukan di lokasi kejadian tidak berarti itu bisa dijadikan bukti pembunuhan. Kemudian dia bertanya kapan pertama kali Detektif Kang mengenal Go Hye Ran. Dia menjawab 19 tahun lalu.


Flashback. Sembilan belas tahun lalu Detektif Kang berada di TKP pembunuhan Nagwon-dong dan membawa sebuah buku catatan hutang dengan nama Go Hye Ran berada di dalam daftar hutang. Detektif Kang melihat seorang gadis yang berada di sebelah mobil polisi yang membawa tersangka, wajah gadis itu tampak sedih matanya juga berkaca-kaca.


Detektif Kang menyatakan bahwa gadis yang dilihatnya saat itu adalah Go Hye Ran.
“Setahu saya, pelakunya ditangkap di lokasi. Kenapa Anda mengaitkan kasus ini dengan kasus pembunuhan lama?”
“Go Hye Ran yang menghasut si pelaku untuk membunuh.”
“Apa pernyataan Anda memiliki dasar?”
“Saat orang biasa tiba-tiba terlibat dalam kasus pembunuhan, ada motif kuat yang menghasut orang itu. Obsesi berlebihan atau cemburu yang disalahartikan sebagai cinta atau rasa tidak puas, harga diri tersakiti, dan lainnya bisa menjadi motif. Hal yang sama juga menjadi motif tersangka untuk membunuh 19 tahun lalu. Pemuda yang bercita-cita kuliah hukum menjadi pembunuh dalam sekejap.”
“Ada yang aneh dengan logika Anda. Maksud Anda seorang gadis berusia 19 tahun merencanakan pembunuhan 19 tahun lalu?”
“Maksud saya, dia memberi pemuda itu motif.”
“Anda punya bukti?”
“Manusia adalah bukti terpenting dalam pembunuhan terkait percintaan. Seperti 19 tahun lalu. Bukti paling kuat dan juga tersangka utama dalam kasus Kevin Lee adalah Go Hye Ran.”
“Itu pendapat Anda. Itu hanya dugaan. Benar? Saya agak kecewa. Anda memiliki pengalaman 27 tahun sebagai detektif. Saya kira Anda akan menunjukkan bukti yang lebih objektif dan langsung. Tapi Anda malah menceritakan situasi yang belum terbukti. Saya malah curiga apakah penyelidikan ini adil dan layak dengan perspektif semacam ini.”
Jaksa Byun menyatakan keberatannya dengan pernyataan Tae Wook, tapi Tae Wook terus saja berbicara. Dia mengatakan kalau spekulasi tidak bisa dijadikan bukti pembunuhan.


Sekarang giliran Jaksa Byun menanyai Hye Ran. Dia bertanya pada Hye Ran yang berkeras tidak membunuh Kevin Lee dan sekarang pun dia masih mengelaknya.
“Anda berkata bahwa Anda dan Kevin hanyalah bintang tamu dan pewarta. Anda masih berkeras dengan pernyataan itu?”
“Ya.” Hye Ran menjawab dengan dingin.
“Saat ini, Anda akan kehilangan posisi pewarta. Saat penyelidikan saksi terhadap Pak Jang Gyu Seok, dia berkata bahwa saat itu Anda diminta mundur dari posisi pewarta News Nine.”
Hye Ran tampak terkejut, dan wajah Jaksa Byun seperti mengejeknya.


Flashback. Pak Jang memberikan pernyataan kalau Niws Nine berencana menjadikan Han Ji Won sebagai pewarta utama, tapi Hye Ran membawa Kevin Lee sebagai berita utama.
“Dia berkata bahwa Kevin Lee adalah suami temannya. Mereka sudah lama berhubungan. Bintang tamu proyek dokumenter manusianya adalah Kevin Lee. Hye Ran sangat tidak nyaman dengan hal itu. Aku tidak tahu alasannya saat itu. Aku tidak tahu soal hubungan mereka.”


Jaksa Byun lalu menunjukkan sebuah SD card dan mengajukannya sebagai bukti.
“Saat penyitaan dan penggeledahan terakhir, kami menemukan USB dari ruang penyuntingan. Saya akan menyerahkan ini sebagai barang bukti. Kami telah memastikan bahwa rekaman ini diambil saat syuting iklan tepat setelah Kevin Lee kembali ke Korea dan bertemu Go Hye Ran.”
Itu adalah rekaman Hye Ran dan Kevin Lee yang diambil secara diam-diam oleh Kwak Ki Suk. Hye Ran hanya bisa menghela nafas lalu memejamkan mata. Sedangkan Kwak Ki Suk sangat tidak menyangka kejaksaan menemukan SD card itu sedangkan dia sendiri lupa pernah menyimpannya.


Beberapa saat setelah lebih tenang, Hye Ran menoleh dan bertatapan dengan Kwak Ki Suk yang merasa sangat bersalah.
Advertisement


EmoticonEmoticon